5 strategi bisnis e commerce dalam meningkatkan penjualan di tahun 2021

Menerapkan 5 strategi bisnis e commerce dalam meningkatkan penjualan di tahun 2021 yang tepat merupakan sebuah kunci dalam bisnis. Ketika konsumen pertama kali mengunjungi website anda, sebagian besar tidak langsung membeli, kecuali konsumen yang memang berniat benar-benar membeli. Terkadang, calon konsumen akan berpikir lama untuk membeli produk anda. Apabila anda tidak memiliki teknik marketing yang tepat, maka konsumen bisa saja meninggalkan website anda tanpa membeli sesuatu. 

1. Product Upselling 

Upselling merupakan teknik penjualan yang bertujuan untuk membuat pelanggan belanja lebih banyak dengan menawarkan produk variasi lain atau premium dari barang yang hendak dibeli oleh konsumen. Anda mungkin pernah mendengar atau mendapatkan penawaran” Apakah anda berminat mengupgrade pesanan anda?” . Cara lain dari contoh up selling produk adalah dengan menampilkan pesan popup kepada konsumen berupa gambar dan harga produk premium yang ditawarkan. Strategi marketing upselling ini bisa sangat efektif dalam meningkatkan penjualan dan mengenalkan produk kepada konsumen. 

2. Live Chat Feature Dengan Konsumen 

Terlibat aktif dengan konsumen menjadi salah satu kelebihan suatu bisnis online yang akan diingat dengan baik dan memberikan nilai positif bagi bisnis anda. Fitur live chat akan membangun koneksi dengan konsumen baik di platform website maupun e-commerce marketplace. Fitur live chat ini akan memungkinkan anda membantu konsumen anda untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka atau mengatasi kesulitan konsumen saat melakukan transaksi. 

strategi bisnis e commerce dalam meningkatkan penjualan-blog1

3. Abandoned Cart Email 

Seringkali, pelanggan memasukkan produk yang ingin mereka beli di keranjang belanja namun belum melakukan pembelian. Hal ini berarti mereka adalah orang yang berminat untuk membeli. Anda bisa mengirimi mereka email untuk mengingatkan pelanggan bahwa mereka memiliki produk anda di keranjang belanja. Hal ini bisa mendorong konsumen agar menyelesaikan transaksi pembelian. 

4. Referral marketing 

Anda juga bisa melakukan strategi marketing berupa referral marketing offer, dimana konsumen yang mereferensikan toko anda kepada teman dan teman tersebut membeli produk, maka berhak mendapat diskon pembelian. Strategi referral marketing ini sangat jitu untuk mendapatkan pelanggan baru dari konsumen lama anda. Biasanya, pelanggan lama yang mereferensikan konsumen baru akan lebih mudah bertransaksi karena mereka percaya kepada testimony dan referensi dari teman mereka. 

5. Customer Loyalty Award 

Berikan penghargaan kepada konsumen setia anda. Konsumen yang setia belanja di toko anda akan sangat senang jika mendapatkan cashback untuk pembelian ke -10 mereka, ataupun point yang bisa di redeem dengan hadiah. 

Membuat bisnis e-commerce dan meningkatkan penjualan agar tidak boncos adalah tantangan setiap pebisnis online. Strategi yang dijalankan dengan baik, akan sangat mendongkrak penjualan anda, baik sebagai penjual tangan pertama, reseller atau bahkan dropshipper. Sistem dropship Shopify adalah salah satu platform yang dapat anda gunakan sebagai salah satu sarana bisnis online. Anda bisa mencoba menerapkan 5 strategi bisnis e commerce dalam meningkatkan penjualan di tahun 2021 di atas untuk mendongkrak penjualan toko online anda. 

Related Post

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

Apakah Anda pernah mendengar tentang Shopify? Banyak dari Anda mungkin sudah pernah mendengarnya…

Read More >>
10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

Ingin memulai bisnis online di tahun 2021? Pelajari dulu aplikasi-aplikasi e-commerce terbaik di…

Read More >>

Leave a Comment