7 Cara Menentukan Strategi Penerapan E-commerce Untuk Bisnis Anda

Bagi banyak orang, bisnis online atau sering juga disebut dengan e-commerce memang tampak menjanjikan. Modal yang dibutuhkan juga relatif lebih kecil dibandingkan dengan usaha biasa. Bayangkan, Anda bahkan tidak perlu untuk menyewa ruko dan sebagainya yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya lebih dari 10 juta rupiah per tahun.

Akan tetapi, tidak ada jaminan bahwa bisnis online Anda pasti akan sukses. Tidak jarang, banyak orang yang menyerah di tengah jalan karena bisnis mereka tidak berkembang. Jika Anda tidak ingin menjadi bagian dari orang-orang yang gagal dalam bisnis online, ada baiknya untuk menjalankan beberapa strategi berikut ini. 

Membuat Website

Salah satu strategi penerapan e-commerce yang utama adalah dengan membuat website resmi toko. Akhir-akhir ini, banyak orang menjual barang dagangannya hanya dengan memanfaatkan akun sosial media. Meskipun beberapa diantaranya cukup sukses, sayangnya, cara ini dianggap kurang efektif dan profesional. Anda tidak perlu khawatir, untuk membuat website toko online, Anda dapat memanfaatkan platform Shopify yang murah dan mudah digunakan.

Social Media Marketing

Nah, setelah sukses membuat website, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah melakukan kegiatan marketing secara online. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai akun media sosial. Jadi, akun-akun media sosial sebaiknya hanya berfungsi sebagai sarana pemasaran saja, bukan sebagai lapak utama.

Email Marketing

Selain social media marketing yang memungkinkan promosi Anda dapat dilihat orang secara luas, ada baiknya untuk menggunakan strategi email marketing. Strategi ini juga dianggap berhasil karena bersifat lebih privat dan mengistimewakan pelanggan.

Mempelajari Karakteristik Pelanggan

Hal ini dapat dilakukan sejak awal Anda membangun bisnis. Akan tetapi, jika bisnis sudah terlanjur berjalan, tidak menjadi masalah. Pelajari karakteristik pelanggan Anda dengan mengamati apa yang mereka sukai dan lakukan. Dengan demikian Anda dapat menjual barang yang tepat ke orang yang tepat dengan cara yang tepat pula.

strategi penerapan e-commerce- blog1

Selalu Up-to-Date

Mau tidak mau, Anda harus memperbarui barang dagangan Anda secara teratur. Kemudian, pastikan semuanya diupdate baik di website atau akun media sosial toko. Tentunya, selain menunjukkan profesionalisme, cara ini cukup efektif untuk menarik perhatian para pelanggan.

Menggunakan Fitur-Fitur Mobile Friendly

Saat ini, hampir semua orang mengakses segala sesuatu melalui Smartphone mereka. Tentunya, hal ini menjadi tantangan bagi para pebisnis untuk lebih menjangkau para pelanggan. Manfaatkan berbagai fitur yang bisa membuat tampilan website Anda lebih mobile friendly. Dengan demikian, para pengunjung akan lebih betah berlama-lama dalam toko online Anda.

Manfaatkan Platform-Platform E-Commerce

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan adalah dengan memanfaatkan platform-platform e-commerce. Anda cukup mendaftarkan toko atau brand Anda saja untuk mendapatkan lapak gratis pada platform-platform tersebut.

Related Post

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

Apakah Anda pernah mendengar tentang Shopify? Banyak dari Anda mungkin sudah pernah mendengarnya…

Read More >>
10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

Ingin memulai bisnis online di tahun 2021? Pelajari dulu aplikasi-aplikasi e-commerce terbaik di…

Read More >>

Leave a Comment