Apa Saja Fitur-Fitur Shopify yang Bisa Anda Gunakan untuk Berbisnis?

Dalam Shopify, terdapat beragam fitur yang bisa Anda optimalkan untuk meningkatkan penjualan Anda. Lalu, apa saja ya fitur-fitur Shopify tersebut?

Tapi, apa itu aplikasi Shopify? Shopify adalah content management system (CMS) untuk membantu Anda membangun website Anda sendiri dengan mudah dan praktis tanpa mengharuskan Anda untuk menguasai bidang pemrograman website. Jadi, hanya dengan beberapa klik saja, Anda bisa memiliki website Anda sendiri! Dan dengan Shopify, Anda bisa bangun website ecommerce dengan sangat mudah, lho!

Daftar fitur-fitur Shopify yang direkomendasikan untuk berbisnis dan meningkatkan penjualan adalah sebagai berikut.

1. Follow-up belanjaan di keranjang/cart.

Berdasarkan data, tingkat belanjaan di keranjang/cart yang didiamkan saja tanpa di-checkout adalah 68,81% — artinya, 7 dari 10 pelanggan menambahkan produk ke keranjang tanpa melakukan transaksi! Angka yang sangat besar, kan? Untungnya, ada fitur Abandoned Checkouts di Shopify (buka Orders > Abandoned Checkouts) di mana Anda bisa melihat daftar pelanggan yang sudah menambahkan barang ke belanja, tapi belum check out. Dengan begitu, Anda bisa lakukan follow-up penjualan agar terjadi konversi/penjualan.

2. Menghitung ongkir secara otomatis.

Apabila ongkir alias ongkos kirim tidak diperhitungan dengan tepat, bisnis Anda bisa rugi, lho! Karena itu, gunakan fitur Real Time Carrier Shipping untuk menghitung tarif ongkir yang akurat bagi masing-masing pelanggan berdasarkan lokasi mereka serta berat/ukuran barang yang dibelanjakan. Jadi, pelanggan Anda pun langsung mendapatkan total belanjaan yang lebih akurat juga, kan?

fitur fitur Shopify - Blog 1

3. Buat akun/profil untuk pelanggan.

Dengan “mengharuskan” pembeli untuk membuat akun di website Anda terlebih dahulu sebelum belanja memberikan banyak manfaat bagi perkembangan bisnis Anda, lho! Karena dengan begitu, Anda bisa melacak apa saja transaksi yang dilakukan masing-masing pelanggan dengan lebih akurat, seperti apa saja barang yang mereka beli. Data tersebut bisa dimanfaatkan untuk promosi dan pemasaran yang lebih tertarget karena Anda pun jadi bisa menawarkan promo yang benar-benar relevan dengan minat pelanggan tertentu.

4. Tambahkan kode diskon atau cashback.

Semua orang pasti suka diskon maupun cashback, dan bukan rahasia kalau diskon dan cashback bisa mendongkrak penjualan. Tapi, dari fitur-fitur Shopify, adakah yang bisa mengakomodasinya? Tentu saja ada, misal dengan menggunakan app Shopify seperti Bulk Discounts, di mana Anda bisa membuat kode diskon, baik itu diskon dalam bentuk nominal, persentase, hingga potongan ongkir, lho!

5. Jadi dropshipper lewat Shopify.

Siapa bilang Shopify hanya bisa digunakan kalau Anda menjadi reseller atau menjual produk Anda sendiri? Di Shopify, Anda pun bisa berjualan dengan sistem dropshipping, bahkan ada fitur maupun app khusus yang bisa mengakomodasi kebutuhan ini, lho! Contohnya app Ordoro, yang dapat membantu Anda menemukan supplier terpercaya, memproses orderan, hingga melacak posisi orderan yang dikirim supplier hanya dari satu tempat saja.

Related Post

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

Apakah Anda pernah mendengar tentang Shopify? Banyak dari Anda mungkin sudah pernah mendengarnya…

Read More >>
10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

Ingin memulai bisnis online di tahun 2021? Pelajari dulu aplikasi-aplikasi e-commerce terbaik di…

Read More >>

Leave a Comment