Bagaimana Best Practice Strategi Komunikasi Pada E-Commerce Tahun 2021?

Bagaimanakah strategi komunikasi pada e-commerce? Menjamurnya bisnis online membuat para pengusaha memutar otak agar lebih bisa bersaing secara maksimal. Ya, hampir semua bisnis saat ini memiliki versi online-nya sendiri untuk dapat lebih dijangkau oleh para pelanggan. Tentunya, tidak semuanya sukses. Beberapa diantaranya memang cukup sukses dalam membangun strategi pemasaran. Sayangnya, banyak bisnis lain yang terpaksa gulung tikar.

Oleh sebab itu, strategi-strategi komunikasi adalah hal-hal yang mutlak harus dipelajari dan dimiliki bagi Anda yang tertarik mengembangkan bisnis online. Apa sajakah strategi-strategi komunikasi tersebut? Berikut diantaranya.

Mempelajari Karakter Pelanggan

Toko Anda pastinya memiliki target marketing tertentu. Contohnya, target marketing bisa jadi pria, wanita, atau keduanya atau apakah mereka anak-anak, remaja, atau dewasa. Setiap kategori pelanggan memiliki karakternya masing-masing yang harus dipahami. Hal inilah yang menjadi referensi dasar dalam membangun brand dan image toko. Selain itu, cara komunikasi terhadap pelanggan juga harus disesuaikan dengan karakter mereka.

Nama Produk dan Caption yang Menarik

Produk-produk yang dijual harus diberi nama yang menarik. Oleh sebab itu, nama brand adalah hal utama yang wajib untuk dibuat bahkan sebelum Anda melakukan pemasaran. Meskipun Anda menjual barang-barang yang biasa ada di pasaran, pastikan untuk membuatnya jauh lebih menarik termasuk soal nama. 

Tidak hanya menarik, ketika Anda hendak memposting barang dagangan baik melalui website maupun media sosial, baik judul dan caption haruslah SEO-friendly. Dengan demikian, para pelanggan akan dapat dengan mudah menemukannya di mesin pencari.

strategi komunikasi pada e-commerce-blog1

Gambar yang Menarik

Tentunya, kata-kata saja tidak cukup untuk menarik minat pelanggan mendatangi toko online Anda. Barang yang dijual harus disertai gambar-gambar yang menarik. Sebaiknya, gambar-gambar yang digunakan dibuat sendiri, tidak mengambil milik orang lain meskipun Anda menjual produk yang sama. 

Nah, kesalahan yang sering dilakukan oleh para pedagang online adalah gambar yang diposting justru terlalu menarik sehingga sangat berbeda dengan produk aslinya. Tentunya, hal ini jangan sampai dilakukan karena dapat menurunkan kepuasan konsumen.

Aktif Berkomunikasi dengan Konsumen

Pastikan untuk membalas dengan cepat berbagai pesan yang masuk baik melalui email ataupun aplikasi chat. Jika Anda memang belum mampu untuk menghadirkan layanan customer service 24 jam, tuliskan jadwal buka toko Anda. Tuliskan keterangan jika email atau chat yang masuk di malam hari hanya akan dibalas pada pagi hari.

Evaluasi

Dalam kurun waktu tertentu, pastikan untuk melakukan evaluasi apakah strategi komunikasi pemasaran Anda sudah cukup efektif. Jika strategi-strategi yang digunakan tidak mampu untuk mengembangkan bisnis Anda, bisa jadi, ada poin-poin yang perlu diganti atau dikembangkan. Maka, bisa dikatakan jika strategi komunikasi pada e-commerce bersifat fleksibel. Apalagi, mengingat produk-produk yang ditawarkan juga pastinya berbeda satu sama lain.

Related Post

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

Apakah Anda pernah mendengar tentang Shopify? Banyak dari Anda mungkin sudah pernah mendengarnya…

Read More >>
10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

Ingin memulai bisnis online di tahun 2021? Pelajari dulu aplikasi-aplikasi e-commerce terbaik di…

Read More >>

Leave a Comment