Berikut Detail Lengkap Harga Shopify dan Fitur Setiap Paketnya

Shopify merupakan sebuah ecommerce builder yang dibuat oleh perusahaan bernama sama di Ottawa, Kanada, pada tahun 2004. Platform ini makin populer selama beberapa tahun terakhir dan kerap dianggap sebagai pionir untuk produk serupa. Di samping itu, cukup terjangkaunya harga Shopify yang dikenakan kepada penggunanya dengan segudang fitur dan kemudahan yang diberikan juga menjadi nilai tambah lainnya.

Pengguna yang minim pengalaman dalam dunia pemrograman maupun pengelolaan bisnis secara digital tidak akan menemukan kesulitan berarti saat menggunakan Shopify. Pasalnya, platform ini telah menyediakan layanan POS (Point of Sales), sales channel, hingga berbagai metode pembayaran. Cukup dengan satu penyedia, semua kebutuhan e-commerce terpenuhi.

Berapa Harga Pembuatan Website Shopify?

harga-shopify-blog-1

Kendati begitu, beberapa orang mungkin masih memerlukan bantuan pihak lain untuk menyiapkan toko online-nya karena berbagai hal. Jasa pembuatan website Shopify dibutuhkan tidak hanya untuk menyiapkan toko agar siap digunakan, tetapi juga untuk mempercantik tampilan situs web agar makin menarik dan berbagai pekerjaan backend lainnya sehingga toko makin komprehensif.

Layanan Jasa Pembuatan Website Shopify

Harga pembuatan website Shopify ini pun berbeda-beda. Rerata, penyedia jasa memberlakukan tarif mulai dari 20 sampai 50 jutaan rupiah, bahkan lebih—di luar harga Shopify yang harus dibayarkan setiap bulannya. Namun tentu saja, kompleksitas pekerjaan akan sangat memengaruhi harga tersebut. Kustomisasi yang banyak—terutama untuk pekerjaan yang tergolong mayor—akan meningkatkan tarif pembuatan situs web.

Umumnya, pekerjaan dasar yang akan dilakukan adalah:

  • Menyiapkan kategori produk toko, halaman informasi, navigasi, dan beberapa kebijakan dasar lainnya
  • Menyiapkan informasi toko
  • Melakukan entri data produk berikut informasi produk pendukung lainnya jika telah tersedia
  • Melakukan konfigurasi pembayaran, biaya pengiriman, kupon diskon, variasi produk, dan domain
  • Mengimplementasikan SEO
  • Mengimplementasikan Google Analytics
  • Mengintegrasikan halaman media sosial sebagai omnichannel (Facebook, Instagram, Twitter, dan Pinterest)

Selain biaya berlangganan Shopify per bulan, pihak jasa pembuatan website Shopify juga tidak menanggung beberapa biaya tambahan lainnya, seperti domain per tahun, template premium, dan fitur tambahan. Pembayaran untuk komponen ini lazimnya dibayarkan sendiri oleh pemilik web walaupun ada pula sedikit penyedia jasa yang memberikan paket all in one sehingga semua pembayaran dan pengerjaan cukup satu pintu saja.

Hal-Hal Dasar yang Harus Disiapkan Pemilik Bisnis

harga-shopify-blog-7

Sepintas, penyedia jasa pembuatan website Shopify akan mengakomodasi segala kebutuhan dalam mendirikan toko online sampai siap untuk digunakan. Namun, hal ini tetap tidak lepas dari peranan pemilik bisnis. 

Bagaimanapun, ada beberapa hal mendasar yang perlu disiapkan sendiri oleh pemilik bisnis sebelum menyerahkan proses set up ke pihak penyedia jasa pembuatan website Shopify. Setidaknya, lima poin berikut harus dipersiapkan pemilik bisnis agar usaha yang akan dilakoninya sesuai dengan apa yang diimpikan.

  • Domain

Domain merupakan nama unik yang merujuk pada alamat sebuah website (seperti contoh adalah www.google.com, www.yahoo.com, dan sebagainya).  Nama ini idealnya juga merupakan nama toko online yang akan digunakan.

Oleh karena itu, pemilihan nama domain sangat berperan penting dalam menentukan kesuksesan bisnis. Nama domain (yang juga berarti nama toko) harus mampu mewakili brand. Di samping hal tersebut, nama domain perlu dibuat unik dan mudah diingat sehingga lebih gampang untuk menjadi top of mind bagi masyarakat yang menjadi target pasar.

Tak lupa, ekstensi domain perlu diperhatikan. Ekstensi domain sebaiknya menggunakan beberapa pilihan yang lebih familier seperti .com, .net, atau .co.id (bisa juga menyesuaikan dengan negara domisili lainnya). Penggunaan eksistensi yang kurang familier nyatanya dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap kredibilitas ecommerce sehingga menurunkan pula potensi profit.

  • Konsep Toko

Selain nama, pertimbangkan pula konsep toko yang ingin dihadirkan meski pemilik bisnis tidak memiliki kemampuan desain. Konsep toko perlu merepresentasikan identitas brand. Hal ini tentu dapat dikomunikasikan dengan pihak penyedia jasa pembuatan web Shopify sehingga proses set up yang dilakukan sesuai dan tak perlu bekerja dua kali.

Harga Shopify bulanan sebenarnya telah mengakomodasi beberapa pilihan tema gratis yang dapat dimanfaatkan pengguna. Namun, jika dari seratus pilihan tersebut tak ada yang cocok, pemilik bisnis dapat menggunakan tema premium yang dibanderol dengan harga tertentu. Pilihannya bisa dilihat di sini.

  • Foto Produk

Foto produk adalah senjata yang diperlukan oleh setiap pemilik bisnis online untuk mendapatkan konsumen. Maka dari itu, kualitas foto produk perlu dibuat sebaik mungkin, baik dari sudut pengambilan (angle), resolusi, pencahayaan, dan sebagainya. Selain itu, sebisa mungkin foto produk yang ditawarkan merupakan foto asli sehingga meminimalkan kesenjangan ekspektasi dan kepuasan konsumen.

Nantinya, pembuat website akan melakukan entri data foto produk sesuai kategori yang telah ditentukan. Tak lupa, informasi pendukung juga akan disertakan sesuai masing-masing produk.

  • Informasi Produk dan Toko

Melakukan pembelanjaan secara online menjadi semacam gambling tersendiri bagi calon konsumen terutama bagi yang kali pertama akan melakukannya (termasuk untuk kali pertama membeli produk tertentu). Inilah mengapa kehadiran informasi produk dan toko perlu dipersiapkan.

Informasi produk berisi keterangan lebih detail tentang nilai produk yang akan dibeli oleh calon konsumen. Sementara itu, informasi toko setidaknya berisi keterangan tentang kategori usaha yang dilakukan (pakaian, makanan, jasa, dll), lokasi toko, hingga jaminan garansi yang diberikan terhadap produk yang ditawarkan.

Paket Apa Saja yang Ada di Shopify?

harga-shopify-blog-4

Bicara soal biaya abonemen bulanan, harga Shopify berbeda-beda sesuai kelengkapan fitur yang ditawarkan. Mengutip dari laman resmi Shopify, berikut adalah beberapa macam paket Shopify berikut biaya abonemen bulanannya.

FiturPaket Basic
$29/bulan, cocok untuk yang baru memulai bisnis
Paket Intermediate
$79/bulan, cocok untuk bisnis yang sedang berkembang
Paket Advanced
$299/bulan, cocok untuk bisnis yang sudah maju dan siap untuk ekspansi
Toko online (termasuk website dan blog)YYY
Jumlah produk tidak terbatasYYY
Jumlah staf yang memliki akses ke sistem POS dan admin2515
Layanan bantuan 24/7YYY
Kanal penjualan (melalui marketplace maupun media sosial, tergantung kebijakan tiap negara)YYY
Jumlah lokasi (gudang, toko retail, dan sebagainya)up to 4up to 5up to 8
Membuat order secara manualYYY
Kode diskonYYY
Gratis sertifikat SSLYYY
Pemulihan kereta belanja (cart) yang ditinggalkanYYY
Kartu ucapanYYY
Laporan profesional (standard)YY
Builder untuk laporan lebih rinciY
Diskon shippingup to 64%up to 72%up to 74%
Perhitungan shipping rates dari pihak ketigaY
Cetak label pengirimanYYY
Analisis fraudYYY
Rates penggunaan kartu kredit online2,9% + 30¢ USD
2,6% + 30¢ USD

2,4% + 30¢ USD
Rates penggunaan kartu kredit manual
2,7% + 0¢ USD

2,5% + 0¢ USD

2,4% + 0¢ USD
Biaya tambahan menggunakan jasa penyedia pembayaran selain Shopify Payments2.0%1.0%0.5%
Pembayaran langsung di toko pop-up dan sebagainyaYYY

Selain tiga paket utama di atas, Shopify juga menawarkan Shopify Lite dan Shopify Plus. Shopify Lite adalah solusi untuk penjualan di media sosial seperti Tumblr, Pinterest, Facebook, Twitter, dan sebagainya dengan biaya bulanan $9/bulan. Sementara itu, Shopify Plus adalah solusi untuk bisnis yang telah berskala besar (cocok untuk enterprise) dengan biaya bulanan mulai dari $2.000/bulan.

Seluruh paket Shopify di atas sudah termasuk dengan layanan unlimited bandwidth secara gratis. Selain itu, kecuali untuk paket Lite, seluruh paket juga sudah mendapat layanan web hosting yang terjamin aman dan unlimited. Namun khusus untuk domain, Shopify menyediakan secara terpisah di luar harga Shopify yang telah tercantum di atas (tetapi pemilik bisnis diperkenankan jika menggunakan jasa domain dari luar Shopify).

Masa Trial Bebas Biaya

Dengan fitur sebanyak ini, harga Shopify dapat dinilai sangat bersahabat dibandingkan beberapa kompetitornya. Namun, bagi sebagian yang baru akan memulai, nilai tersebut boleh jadi masih cukup tinggi. Terkait hal ini, Shopify pun memberikan masa trial pada calon pengguna selama 14 hari tanpa adanya detail pembayaran apa pun di muka. 

Setelah kurun waktu 14 hari tersebut, pemilik bisnis dapat memutuskan untuk melanjutkan penggunaan Shopify dan melakukan launching tokonya. Pada periode inilah detail pembayaran baru akan diminta. Namun, jika dalam kurun waktu tersebut pemilik bisnis memutuskan untuk tidak melanjutkan penggunaan Shopify, tidak ada masalah. Pemilik bisnis hanya perlu melakukan pembatalan akun tanpa dikenai biaya apa pun.

Pilih Paket yang Mana?

Seperti yang tertera pada tabel, pemilihan paket Shopify perlu dapat disesuaikan dengan skala bisnis. Jika bisnis baru saja dirintis, maka menggunakan paket Basic atau Lite adalah opsi yang paling bijak. 

Namun di sisi lain, menyesuaikan kondisi keuangan dengan harga Shopify bulanan juga penting dilakukan. Ingatlah bahwa komposisi harga berlangganan Shopify tidak cuma dari segi lisensi dan produk, tetapi ada pula komponen biaya transaksi dan gateway pembayaran. 

Oleh karena itu—sebagaimana aktivitas bisnis lainnya—perencanaan keuangan perlu dipersiapkan secara matang. Pertimbangkan apakah pendapatan yang diperoleh mampu mencukupi biaya Shopify setiap bulannya sehingga cash flow serta profit tetap terjaga. 

Namun berita baiknya, sistem kontrak yang diberikan oleh Shopify tidak kaku. Selain pembayaran yang dilakukan per bulan (beberapa builder memberlakukan sistem per tahun sehingga dapat terasa lebih berat bagi sebagian orang), pemilik bisnis dapat melakukan penyesuaian paket kapan pun dibutuhkan, baik upgrade maupun downgrade.

Apa Saja yang Memengaruhi Total Investasi untuk Project Shopify?

harga-shopify-blog-5

Setiap bisnis selalu membutuhkan investasi agar dapat berjalan sesuai rencana dan mencapai target usaha yang telah ditetapkan. Pun demikian dengan menjalankan bisnis menggunakan platform Shopify. Adapun beberapa hal yang memengaruhi total investasi untuk project Shopify adalah sebagai berikut.

Perangkat Keras

Keseluruhan sistem Shopify pada dasarnya sudah sangat cukup untuk membantu pemilik bisnis. Namun bagaimanapun juga, Shopify hanyalah sebuah software yang membutuhkan dukungan perangkat keras dan manusia agar dapat berjalan dengan optimal.

Terutama untuk mendukung fitur POS, pemilik bisnis perlu menyiapkan perangkat dengan sistem operasi iOS atau Android.  Jenis hardware yang dimaksud dapat berupa smartphone maupun tablet. Adapun sebagai catatan, sejak 2 Februari 2020, aplikasi Shopify tidak lagi dapat bekerja optimal pada perangkat dengan sistem operasi iOS 10. Aplikasi masih dapat digunakan, tetapi tidak akan mendapatkan pembaharuan.

Selengkapnya, berikut adalah beberapa detail perangkat yang kompatibel dengan aplikasi POS Shopify.

Jenis PerangkatSpesifikasi
iPhoneiPhone 5 dan generasi setelahnya atau setidak-tidaknya iPhone dengan sistem operasi iOS 11.4 atau yang lebih tinggi
iPadiPad generasi 5 atau setidak-tidaknya iPad dengan sistem operasi iOS 11.4 atau yang lebih tinggi
iPad MiniiPad Mini generasi 2 atau setidak-tidaknya iPad Mini dengan sistem operasi iOS 11.4 atau yang lebih tinggi
iPad AiriPad Air generasi 2 atau setidak-tidaknya iPad Air dengan sistem operasi iOS 11.4 atau yang lebih tinggi
iPad ProSemua produk iPad Pro dengan sistem operasi iOS 11.4 atau yang lebih tinggi
AndroidSeluruh perangkat Android dengan sistem operasi versi 5 (Lollipop) atau yang lebih tinggi

POS Shopify dapat digunakan untuk bisnis yang dilakukan secara offline. Karena itu, beberapa perangkat seperti cashdrawer, receipt printer, barcode printer and scanner, car readers, dan sebagainya diperlukan. Shopify pun menyediakan penjualan beberapa perangkat keras ini bagi pemilik bisnis yang membutuhkannya.

Apakah perangkat tersebut harus dibeli langsung dari Shopify? Tidak. Pembelian perangkat keras pendukung POS Shopify—kecuali card readers—dapat dilakukan melalui pihak ketiga. Namun jika akan membeli di tempat lain, maka pastikan terlebih dahulu kompatibilitas spesifikasi perangkat agar tak sia-sia.

Pembuatan Website dan Desain

Branding adalah hal fundamental dalam setiap bisnis dengan website sebagai salah satu media pemasaran yang paling powerful. Oleh karena itu, menghadirkan situs yang menarik dengan desain UI/UX maksimal menjadi makin diprioritaskan oleh pemilik bisnis. Mereka pun tak ragu untuk menggunakan jasa desainer grafis, programmer, dan pihak profesional lainnaya untuk menciptakan tempat berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen.

Di samping itu, beberapa pekerjaan desain seperti pembuatan logo juga diperlukan. Banyak pelaku bisnis yang mengabaikan betapa pentingnya logo. Logo merupakan identitas dari sebuah usaha dan sangat membantu bisnis menjadi top of mind masyarakat.

Membuat logo tidaklah mudah sebab ada arti atau filosofi tersendiri dari setiap warna maupun bentuk yang dihadirkan. Karena itu, menyerahkan pekerjaan yang terlihat sederhana ini kepada pihak profesional adalah keputusan bijak. Tentu saja, akan ada biaya yang dikeluarkan untuk proses ini dengan rentang nilai yang bervariasi—mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Teknologi Pendukung

Seperti yang telah dibahas beberapa kali sebelumnya, domain merupakan hal penting dalam bisnis digital terutama dalam pembuatan e-commerce. Pemilik bisnis bisa saja menggunakan layanan domain yang ditawarkan oleh Shopify, tetapi jika ingin menggunakan dari penyedia lainnya yang dinilai lebih pas, tidak masalah.

Tidak seperti harga Shopify yang dibayarkan per bulan, harga berlangganan domain di mana pun dibayarkan langsung (sekali) per tahun. Nominalnya bermacam-macam tergantung ekstensi yang diberikan, bahkan mulai 20 ribuan rupiah. Namun, memilih domain perlu dipertimbangkan dengan matang karena akan sangat berpengaruh terhadap kredibilitas bisnis.

SEO dan Konten

Persaingan bisnis digital senantiasa makin ketat. Tanpa melakukan teknik SEO, sulit—terutama bagi pemain baru—untuk memenangkan persaingan.

Search Engine Optimization atau SEO merupakan cara-cara yang dapat dilakukan untuk membuat web Shopify yang dibuat dapat tampil di halaman pertama mesin pencari (terutama Google) saat ada konsumen yang mencari informasi tentang bisnis tersebut. Tak cuma halaman pertama, SEO yang maksimal juga akan membuat website berada di urutan teratas dalam pencarian sehingga memperbesar peluang lebih banyak konsumen yang mengetahui keberadaan bisnis.

Adapun salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap SEO adalah konten. Konten dalam web juga perlu dibuat menggunakan kaidah-kaidah tertentu sehingga mendorong website senantiasa berada di peringkat atas pencarian. Selain menggunakan teknik khusus, konten perlu disesuaikan dengan webmaster guideline Google. 

Pengaturan ini cukup kompleks, tetapi ada banyak penyedia jasa SEO kini yang dapat diandalkan. Tarif yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan paket pekerjaan yang dilakukan, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Iklan

Cara penyebaran iklan makin bervariasi. Pemilik bisnis dapat melakukan melalui metode yang sangat teknis seperti menggunakan Google Ads atau memanfaatkan jasa influencer yang kini makin populer.

Cara mana pun yang digunakan perlu dipertimbangkan dari berbagai sisi, mulai dari biaya yang harus dikeluarkan, nilai efisinsi secara keseluruhan, hingga analisis keuntungan yang diperoleh melalui metode tersebut. Sebagai gambaran, biaya Google Ads dapat dimulai dari ratusan hingga ribuan rupiah, sedangkan biaya influencer rerata dimulai dari ratusan ribu rupiah.

Fokus pada Bisnis Inti, Serahkan Pembuatan Website pada Ahlinya

harga-shopify-blog-2

Efektivitas Shopify telah diakui oleh banyak pelaku bisnis secara global, baik mereka yang masih merintis maupun yang telah berkembang dengan sangat luas dan pesat. Tentunya, masing-masing dari mereka pun tak cuma sekadar melakukan basic set up situs web Shopify, tetapi juga melakukan berbagai aktivitas pendukung untuk memaksimalkan penjualan.

Menggunakan Jasa SHOPIFIED

Jika Anda merupakan pemilik bisnis dan ingin memulai dengan Shopify, tak perlu ragu dan menunda lebih lama. Sederet kemudahan Shopify akan membantu bisnis Anda melaju dengan cepat. Mudahnya persyaratan dan murahnya harga Shopify pun lebih dari cukup untuk membuat Anda memulainya sesegera mungkin.

Apabila urusan teknis menjadi kendala, maka jangan biarkan hal tersebut menjadi penghalang lebih lama. SHOPIFIED hadir untuk membantu Anda menjalankan bisnis e-commerce menggunakan Shopify secara maksimal. Sebagai penyedia jasa pembuatan e-commerce yang telah berpengalaman, kami memahami betul apa saja yang perlu dilakukan untuk menarik pengunjung berbelanja di toko online Anda.  

Dengan menggunakan jasa profesional SHOPIFIED, Anda pun dapat lebih fokus kepada hal-hal yang menyangkut core business, seperti pengembangan produk, strategi bisnis, membangun kemitraan, dan sebagainya. Dengan berjalannya aspek-aspek bisnis baik yang utama maupun penunjang oleh pihak-pihak profesional, akselerasi aktivitas bisnis dan pencapaian target yang diharapkan jadi lebih realistis diwujudkan. 

Website Shopify Saya Sudah Jadi, Selanjutnya Apa?

harga-shopify-blog-3

Website Shopify yang sudah jadi dan siap digunakan merupakan awal dari proses bisnis yang lebih panjang selanjutnya. Ketika situs Anda sudah siap, maka berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memaksimalkannya dengan beberapa cara berikut.

Melakukan Optimalisasi SEO

Sebagai orang yang juga menggunakan platform mesin pencari untuk mendapat informasi, Anda pun tentu hanya akan (cenderung) memilih web yang berada di laman pertama dan beberapa hasil teratas saja, bukan? Hal serupa yang akan terjadi pada calon konsumen Anda. Jika tak menemukan web Anda pada pencarian teratas, mereka tak akan membuang lebih banyak waktu untuk menemukan Anda.

Teknik SEO yang digunakan meliputi SEO On Page dan SEO Off Page. Seperti namanya, SEO On Page merupakan cara-cara yang dilakukan pada web Shopify Anda sendiri, yakni berkaitan dengan permalink, title tag, dan sebagainya. Sebaliknya, SEO Off Page merupakan cara-cara yang dilakukan di luar dari web Shopify Anda dan meliputi aktivitas seperti promosi di media sosial.

Namun melihat kompleksitas teknik SEO, ada baiknya Anda menggunakan pihak ketiga. Pasalnya, mempelajari SEO sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama dan mengerjakan hal ini sendiri—kecuali terdapat tim khusus yang dapat melakukanya—akan menyita banyak waktu yang semestinya dapat Anda maksimalkan untuk hal-hal terkait core business yang dijalani.

Melakukan Promosi

Ada banyak cara untuk meningkatkan trafik pengunjung ke web Shopify yang Anda miliki. Cara paling sederhana adalah dengan melakukan promosi secara manual melalui media sosial atau bahkan teknologi broadcast. Meski cukup konvensional, cara-cara ini juga masih cukup sering dilakukan oleh perusahaan besar di samping beberapa metode yang lebih ‘kekinian’ seperti penggunaan jasa influencer.

Namun perlu diperhatikan bahwa pemilihan influencer sebaiknya disesuaikan dengan citra brand yang ingin ditampilkan. Hal ini tentu untuk meningkatkan kredibilitas pasar terhadap produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, jangan lupakan kekuatan Google Ads. Program iklan ini terbukti menghasilkan dampak yang besar bagi banyak pelaku bisnis digital. Dengan menentukan keyword yang spesifik dan dukungan data untuk kemudahan pemetaan karakter audiens, peluang keberhasilan promosi yang satu ini sangatlah besar.

Mengoperasikan Google Ads pun sebenarnya bukanlah sulit, melainkan kompleks. Sama seperti pembuatan website maupun teknik SEO, ada baiknya Anda menggunakan jasa pihak ketiga jika belum terbiasa dengan hal ini. 

Melakukan Evaluasi

Setiap bisnis harus memiliki kemampuan beradaptasi secara cepat. Hal ini tidak terlepas dari karakter pasar yang makin dinamis dan sangat cepat berubah. Jika Anda tidak menyesuaikan dengan situasi maupun keinginan dan kebutuhan konsumen, maka tak perlu heran jika kompetitor akan makin melibas bisnis Anda.

Namun yang perlu diperhatikan, evaluasi haruslah berbasis data. Anda tidak sebaiknya mengambil keputusan hanya karena penilaian yang subjektif dan minor. Posisikan diri Anda tidak hanya sebagai pemilik bisnis, tetapi juga konsumen dan kompetitor. Dengan begitu, sudut pandang akan menjadi lebih luas sehingga Anda pun lebih mudah memahami kondisi yang terjadi dan lebih bijak dalam mengambil keputusan yang tepat.

Ada banyak tools yang dapat Anda fungsikan untuk melakukan evaluasi ini. Salah satunya adalah Google Analytics yang digunakan untuk mengukur kinerja website. Tool ini memungkinkan Anda untuk mengetahui jumlah pengunjung web, apa yang paling sering dilakukan pengunjang pada web, bagaimana cara pengunjung tersebut menemukan web Anda, hingga artikel mana yang paling banyak dibaca pengunjung (jika Anda menyediakan konten artikel pada web).

Nah, demikianlah informasi mengenai detail harga Shopify berikut paket dan fitur yang ditawarkan. Pada prinsipnya, Shopify merupakan sistem yang menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi setiap pelaku bisnis dalam mendirikan e-commerce. Kendati begitu, business owner juga tetap perlu memerlukan berbagai upaya lain untuk makin memaksimalkan potensi yang telah disediakan oleh Shopify. Beberapa cara tersebut bersifat sangat teknis dan boleh jadi cukup menyulitkan bagi Anda yang belum terlalu familier. Oleh karena itu, agar bisnis tetap dapat berjalan sesuai rencana, menyerahkan pekerjaan tersebut kepada pihak profesional seperti SHOPIFIED adalah alternatif yang tepat.

Related Post

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

Apakah Anda pernah mendengar tentang Shopify? Banyak dari Anda mungkin sudah pernah mendengarnya…

Read More >>
10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

Ingin memulai bisnis online di tahun 2021? Pelajari dulu aplikasi-aplikasi e-commerce terbaik di…

Read More >>

Leave a Comment