Inilah Contoh Website dan Theme Shopify Terbaik Serta Cara Memaksimalkannya

Salah satu keuntungan memiliki website toko online sendiri adalah bisa selalu terhubung dengan konsumen. Anda pun bisa lebih mudah memperbaharui informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan bagi para pelanggan.

Pada era digital ini, membuat toko online tidak lagi sesulit dulu. Ada banyak platform yang bisa dioptimalkan, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Salah satu platform yang memiliki segudang fitur menarik adalah Shopify.

Contoh Website Shopify Terbaik

Setelah sistem Shopify diaplikasikan menjadi sebuah website ecommerce, hasilnya akan terlihat sangat memuaskan. Anda bisa menilainya sendiri saat melihat beberapa website inspiratif berikut ini.

Ugmonk

Anda akan merasakan kesan minimalis yang kental saat melihat halaman depan website Ugmonk. Tiap produk yang dijual ditata dalam kategori simpel, jelas, dan mudah ditelusuri. Informasinya pun tidak tumpang tindih sehingga lebih nyaman bagi mata pengunjung.

Saat mengeklik salah satu produk, informasi yang lebih detail dan lengkap akan muncul, meski tetap dalam bentuk minimalis. Follow up bisa langsung dilakukan dalam satu langkah jika Anda berminat pada barang yang ditawarkan.

Ugmonk adalah sebuah toko online yang menawarkan produk-produk dengan desain berkualitas tinggi. Secara gamblang, website ini menunjukkan misi utama Ugmonk untuk menciptakan produk dengan perpaduan fungsi dan keindahan.

Tailor Stitch

Siapa yang tak terpukau dengan desain website elegan dan cool seperti Tailor Stitch ini. Saat membukanya, Anda akan langsung disuguhi dengan penampilan para model pria macho yang mengenakan produk.

Ada hal menarik yang terlihat saat berkunjung ke website ini. Ketika mengarahkan kursor ke produk jaket misalnya, tampilan akan berubah menjadi model yang berpose dengan jaket tersebut. Ini sangat kreatif dan membantu calon pembeli dalam menentukan pilihan

Tailor Stitch adalah merek pakaian berkualitas tinggi. Bahan yang digunakan ramah lingkungan. Sebagian bahkan merupakan hasil produk daur ulang. Sebagian lain merupakan bahan alami.

Happiness Abscissa

Unik dan cerah. Itulah kesan yang terlihat dari salah satu website Shopify terbaik ini. Berbeda dengan theme lain yang sebagian besar tampak bersih, penampilan Happiness Abscissa menyenangkan dan ceria.

Tata letaknya tidak biasa. Bahkan, ada produk yang tampak tergantung jika dilihat dari sudut yang berbeda. Logo yang “bengkok” di sudut kiri atas juga menggugah perhatian dan rasa penasaran. Anda pasti ingin tahu lebih banyak.

Website yang menjual produk parfum ini tampak asyik dan santai. Berkunjung ke sini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang seru dan tak terlupakan. Inilah salah satu nilai lebihnya.

Skinny Teatox

Sekali lagi, Shopify menunjukkan bahwa sebuah website toko online bisa memberikan kesan memesona tanpa harus dipadati berbagai ornamen yang tidak perlu. Salah satunya dari halaman awal Skinny Teatox.

Warna-warna pastel yang menenangkan serta pengaturan produk yang rapi membuat pengunjung betah berlama-lama memeriksa tiap detail. Warna kemasan produk pun serasi dengan theme website yang digunakan sehingga seluruh elemennya tampak menyatu.

Skinny Teatox menjual produk minuman. Anda bisa dengan mudah menekan tombol Buy saat berkunjung ke sini.

Helmboots

Membuat Anda tampil lebih percaya diri, itulah yang ingin disampaikan oleh Helmboots kepada para pengunjung. Seluruh produk dijejerkan dengan rapi dan tampak jelas. Saat mengekliknya, ada fitur zoom yang akan membantu Anda melihat versi yang lebih detail. Pertimbangan membeli akan lebih matang.

Informasi lengkap mengenai produk bisa Anda cek di area sebelah kanan. Silakan arahkan kursor pada bar dengan warna yang menonjol untuk melakukan pembelian. Selain sepatu, beberapa aksesori lain seperti ikat pinggang dan kaos kaki juga bisa ditemukan di sini.

Inilah beberapa contoh website yang menggunakan platform Shopify untuk membuat toko online. Sangat cantik dan elegan sehingga menyenangkan untuk dikunjungi.

Daftar Theme Terbaik untuk Shopify

Untuk mendekorasi website supaya tampak semakin menarik, Anda bisa mengeksplorasi berbagai theme yang tersedia. Nah, apa saja theme Shopify terbaik yang bisa dipilih?

Narrative

Jika Anda sedang mencari theme Shopify yang direkomendasikan, Narrative merupakan salah satu opsi terbaik. Ada 4 pilihan style yang tersedia pada theme ini, yaitu Earthy, Warm, Light, dan Cold. Masing-masing menciptakan kesan yang berbeda.

Pada halaman depan, akan tampil video atau tayangan dalam bentuk slide. Cocok bagi Anda yang ingin bercerita secara visual. Tema ini bisa digunakan untuk produk tunggal atau toko dengan jenis barang yang tidak terlalu banyak.

Simple

Seperti namanya, Simple selalu bisa menarik perhatian. Ada tiga pilihan gaya yang tersedia, yaitu Light, Beauty, dan Toy. Pada tema ini, produk Anda akan dibiarkan berbicara.

Ada tampilan rekomendasi produk bawaan. Setiap produk juga bisa di-zoom untuk melihat detailnya. Para pengunjung website akan melihat katalog dengan lebih leluasa.

Minimal

Minimal adalah cara untuk mengatur produk Anda supaya lebih rapi. Desainnya tampak bersih dan sederhana. Ada opsi video atau tampilan slide pada bagian berada.

Anda juga bisa menampilkan produk yang telah disaring pada halaman depan sehingga pengunjung lebih mudah untuk diarahkan. Tampilkan produk-produk unggulan pada bagian ini untuk mendapatkan pembelian terbaik.

Debut

Tampak sederhana, Debut tidak seperti yang Anda bayangkan. Ada beberapa kejutan menarik di dalamnya, mulai dari testimoni pelanggan, penelusuran secara prediktif, dan spanduk promosi.

Hanya ada dua gaya desain yang termasuk dalam theme ini, yaitu Default dan Light. Keduanya berbeda dari segi penampilan karena Light terlihat lebih simpel. Tema website ini bisa dipilih untuk menunjukkan produk-produk terbaik di toko Anda.

Supply

Jika Anda memiliki banyak produk untuk dijual, Supply adalah tema yang bisa dipilih. Dengan cerdas, tema ini akan membantu Anda mengatur produk berdasarkan koleksi serta mendorong para pelanggan untuk membeli lebih banyak.

Menampilkan koleksi unggulan pada bagian depan merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Dengan filter di bilah sisi, produk yang dibutuhkan oleh konsumen Anda berada dalam satu kelompok.

Brooklyn

Brooklyn memiliki dua pilihan gaya desain yaitu Classic dan Playful. Keduanya menawarkan tampilan yang sangat ceria dan cantik. Anda bisa memilih tema ini jika memiliki produk bernuansa modern, seperti bisnis pakaian atau aksesori kekinian.

Salah satu keunggulannya adalah fitur turn-key sehingga pelanggan dapat membeli satu produk yang diinginkan tanpa meninggalkan halaman. Dengan tema website yang bagus, produk yang dijual pun terlihat jauh lebih baik.

Wookie

Wookie adalah tema Shopify terbaik yang serbaguna. Ada 16 skin terbaru, dilengkapi banyak blok sehingga Anda dapat membangun tata letak dengan lebih leluasa. Skin yang berbeda dengan desain sama akan menampilkan website yang tampak unik.

Boundless

Ini adalah salah satu tema minimalis yang menempatkan produk Anda dalam satu fokus penuh. Melalui hasil fotografi, tidak perlu menuliskan ribuan kata untuk menjelaskan keunggulan produk.

Galeri produk khusus bisa menampung berbagai produk dengan resolusi tinggi. Dengan tata letak yang apik, gambar koleksi Anda tampil lebih baik. Ada dua gaya yang bisa dipilih, yaitu Black and White dan Vibrant.

Streamline

Streamline adalah salah satu tema yang eye-catching dan bisa memberikan dampak cepat bagi para pengunjung. Ada tiga pilihan style yang terdapat di dalamnya, yaitu Core, Luxe, dan Hype.

Fitur Streamline yang bisa dimaksimalkan untuk mempromosikan produk adalah membuat cerita untuk tiap produk. Fitur lain adalah Sticky checkout yaitu memastikan keranjang pelanggan dalam jangkauan sewaktu-waktu selesai berbelanja.

Context

Jika Anda ingin menawarkan produk dalam jenis yang tidak terlalu banyak, Context bisa menjadi pilihan terbaik. Tema ini bisa menampilkan halaman dengan gaya storytelling.

Context memiliki keseimbangan fitur yang bagus, di dalamnya juga ada filter produk untuk pencarian lebih lanjut. Ada pula halaman produk yang tegas dan fokus pada cerita sehingga Anda dapat menyoroti produk andalan.

Nah, Anda dapat memilih tema Shopify langsung di website-nya. Sejumlah filter bisa diterapkan untuk memudahkan mendapatkan tema idaman. Mulai dari harga, jumlah produk, gaya layout, dan berbagai fitur lainnya bisa ditentukan terlebih dahulu.

Payment Gateway Terbaik untuk Shopify

Dalam paket tema yang ditawarkan, Shopify juga menyediakan fitur payment gateway untuk memudahkan pelanggan saat membayar produk. Ada beberapa metode yang bisa digunakan. Supaya lebih mudah, cek apa saja payment gateway terbaik untuk Shopify berikut ini.

Midtrans

Anda bisa menggunakan Midtrans untuk pembayaran di toko online yang menggunakan platform Shopify. Ini adalah payment gateway yang fokus pada pasar e-commerce di Indonesia. Seru, terbuka, dan dinamis merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan Midtrans.

Layanan ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2012 dengan nama Veritrans. Awalnya, pilihan yang tersedia masih terbatas. Namun, berbagai perubahan dilakukan untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan, termasuk menambah pilihan pembayaran.

Saat ini, Midtrans bekerja sama dengan sejumlah industri, termasuk di antaranya Shopify. Untuk pembayaran, bisa dilakukan melalui berbagai bank, perusahaan telekomunikasi, dan toserba terbesar di Indonesia.

Doku

Payment gateway lainnya bagi toko online dengan platform Shopify adalah Doku. Layanan pembayaran secara elektronik ini mulai beroperasi sejak 2007. Sejumlah perkembangan telah terjadi, di antaranya mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sebagai operator payment gateway di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Doku sebagai pilihan pembayaran di toko online, ada banyak opsi metode pembayaran. Di antaranya bekerja sama dengan lebih dari 20 bank serta lembaga non-keuangan lain. Nah, Anda bisa menyelesaikan pembayaran di Shopify melalui payment gateway yang satu ini.

Xendit

Bergabunglah dengan Xendit untuk menyelesaikan pembayaran di Shopify. Ini adalah satu dari sejumlah payment gateway yang dibuat khusus untuk pasar Indonesia dan Asia Tenggara. Keunggulannya adalah menawarkan kecepatan, tanpa biaya tersembunyi, dan memiliki riwayat transaksi pada dashboard.

Jika ingin membayar dengan Xendit, para pelanggan bisa terlebih dahulu menyetor dana dengan beberapa pilihan, mulai dari bank transfer, minimarket, ewallet, kartu debit maupun kredit. Dengan berbagai pilihan tersebut, akan lebih mudah menyelesaikan transaksi yang dilakukan khususnya untuk Shopify.

PayPal

Siapa yang tidak tahu PayPal? PayPal juga merupakan salah satu payment gateway di Shopify. PayPal menyediakan pembayaran dengan opsi kartu kredit, transfer bank, atau saldo di akun PayPal. Jadi, para pembeli produk di toko Anda akan lebih mudah karena dapat memilih dari sejumlah alternatif.

Menariknya, metode pembayaran ini tersedia secara otomatis begitu Anda menggunakan platform Shopify. Anda akan langsung mendapatkan akun PayPal Express Checkout. Untuk melihatnya, cek langsung email yang dikirimkan saat mendaftar di Shopify.

Kumpulan Aplikasi/Plugin yang Wajib Ada di Shopify Anda

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui kumpulan plugin atau aplikasi yang harus disertakan pada website Shopify. Kehadiran plugin sangat membantu dalam memberikan kemudahan terhadap pelanggan, baik saat mencari produk maupun membayar produk.

Order Printer

Order Printer adalah salah satu aplikasi yang bisa dipasang di website Anda. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan preview sekaligus mencetak dokumen yang tersimpan di Shopify. Aplikasi ini juga berguna saat Anda membuat label dan slip pengiriman.

Product Review

Dapatkan keuntungan dari sharing atau komentar positif yang diberikan oleh pembeli Anda. Caranya gampang karena Shopify menyediakan plugin khusus untuk itu. Aplikasi gratis ini didesain dengan apik sehingga menyatu dengan tampilan toko.

Ada beberapa keuntungan memasang Product Review di toko online. Pertama, meningkatkan penjualan, khususnya pada produk yang di-review, meningkatkan peringkat website di pencarian Google, dan menawarkan tampilan menarik pada website.

Group Buy

Salah satu fitur yang ada di Shopify untuk meningkatkan penjualan Anda adalah Group Buy. Ini adalah fitur social ecommerce yang memungkinkan pelanggan dapat membeli produk bersama teman dan keluarga dalam sekejap. Menggunakan metode ini lebih efektif daripada pemasaran kepada individual.

Untuk memasang Group Buy di platform Shopify, Anda bisa memilih menggunakan layanan gratis maupun Basic. Keduanya dibedakan berdasarkan fitur yang tersedia. Khusus layanan gratis, tersedia hingga 30 order, sedangkan Basic tidak terbatas.

Caazam! Video Shopping

Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan video calls personal, baik terjadwal maupun instan. Namun, untuk menikmatinya diperlukan anggaran sebesar 50 USD per bulan.

Kehadiran Caazam! sangat membantu menjembatani antara gap antara berbelanja online dan offline. Berbelanja dengan menggunakan aplikasi ini akan membuat pelanggan lebih merasakan privasi.

Pre-Order Now

Selanjutnya, Anda pun bisa memasang Pre-Order Now pada website Shopify mengikuti pilihan lebih dari 7.000 toko di Shopify. Keunggulan dari fitur ini adalah dapat mengatur Pre-orders dengan berbagai fitur seperti email, tagging, mixed cart alerts, dan sebagainya.

Dengan fitur ini, Anda tidak akan kesulitan menahan pengunjung karena produk yang tidak tersedia atau out of stock atau launching soon. Dengan kehadiran aplikasi ini diharapkan penjualan makin bertambah tiap hari.

Bundler

Pilihan lainnya adalah aplikasi Bundler. Ini merupakan aplikasi yang meningkatkan penjualan sekaligus menawarkan diskon untuk produk dalam bentuk bundle. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa menjual produk-produk populer bersama dengan produk yang kurang populer.

Anda bisa memasang rata-rata harga pada paket yang ditawarkan. Selain itu juga bisa memberikan layanan pengiriman gratis.

Shop

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur semua produk dalam satu toko. Anda juga bisa melakukan peningkatan konversi dengan Shop Pay. Ada juga fitur Lacak dengan Belanja untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan transparansi.

Calendify

Selanjutnya, gunakan Calendify untuk membuat pelanggan datang lagi mengunjungi toko. Ini merupakan email marketing khusus penjual di Shopify. Uniknya, email akan terkirim hanya pada hari libur atau kesempatan tertentu.

Dengan demikian, pelanggan memiliki kesempatan untuk mengeklik iklan yang dikirimkan. Calendify akan membantu Anda mengatur jadwal tersebut.

Videofy

Anda bisa mendapatkan video dari rekaman toko. Video ini akan dibuat secara otomatis. Anda bisa menggunakannya untuk promosi bisnis di media sosial. Melihat kebutuhan komunikasi internet yang mengarah ke visual, Anda pun bisa menandingi dengan aplikasi tersebut. Sebagai aplikasi yang digerakkan oleh kecerdasan buatan, hasilnya memadukan kekuatan dan kesederhanaan.

Cara Mengoptimalkan Website Shopify Anda

Tujuan utama membangun toko online adalah meningkatkan penjualan produk. Namun, hal itu tidak serta-merta terjadi. Anda harus mengupayakan agar website dengan platform Shopify tersebut lebih optimal. Bagaimana caranya? Simak tips berikut!

1.       Menggunakan CTA yang terlihat jelas

Call to action (CTA) sangat penting pada sebuah toko online. Pastikan pada website tertera CTA dengan jelas, seperti Beli atau Masukkan ke Keranjang. Ini merupakan bagian yang sangat vital.

Supaya mudah ditemukan oleh pengunjung, area di sekitar tombol ini harus bersih dan tidak terganggu oleh bagian lain. Tombol CTA juga harus langsung terlihat ketika pengunjung baru saja membuka halaman toko.

Sebaiknya, jangan tempatkan tombol penting itu pada bagian bawah halaman. Bisa saja, pengunjung tidak melakukan scroll sehingga CTA tidak sempat terlihat. Posisi yang paling ideal adalah di tengah, halaman paling atas, dan tidak ada yang menyita perhatian di sekitarnya.

2.       Menampilkan foto produk yang artistik

Yakin berhasil menarik perhatian calon pembeli dengan hasil foto produk yang asal-asalan? Meski website yang Anda miliki sudah bagus, jika tidak didukung oleh foto yang artistik, hasilnya tidak akan optimal.

Ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Anda yang berkecimpung di dunia bisnis online. Pasalnya, para calon pelanggan tidak bisa melihat, menyentuh, mencicipi, maupun mencoba produk yang ditawarkan sebelum membeli.

Jadi, tugas Anda adalah menghadirkan produk tersebut ke hadapan mereka melalui pesona fotografi. Bukan hanya artistik, tetapi juga mampu menonjolkan keunggulan produk. Ini merupakan kunci menguasai bisnis online.

3.       Menautkan gambar pada varian produk

Menggunakan nama-nama yang unik dan menggugah bisa menjadi cara yang efektif untuk membangun kepribadian pada tiap produk. Namun, jangan terlalu jauh melakukannya karena pelanggan Anda dapat mengalami kesulitan. Nama tersebut kadang-kadang tidak menjelaskan varian produk yang sebenarnya.

Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya menautkan gambar tersebut dengan variannya. Hal ini misalnya untuk warna, aroma, dan kategori lain yang merupakan penanda utama dari produk yang dijual.

4.       Menjelaskan harga dengan detail

Apakah harga produk Anda tergolong mahal? Jika tidak menjual barang yang tampak mewah, Anda perlu berhati-hati. Tidak mendapatkan penjelasan yang mendetail mengenai harga akan membuat para pengunjung website langsung pergi.

Ini tidak akan terjadi jika harga yang dicantumkan tergolong rendah. Atau, jika Anda menjual barang bermerek yang sudah jelas kelebihannya.

Sementara itu, produk-produk baru dengan harga yang tinggi harus didukung oleh copywriting yang tepat. Pastikan copywriting bisa mendeskripsikan produk sekaligus keunggulannya sehingga layak dihargai mahal. Anda bisa mengunggulkan bahan, cara pembuatan, asal, atau filosofi di dalamnya.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah terlalu percaya diri dan menganggap pelanggan sudah mengetahui seluk-beluk produk tanpa dijelaskan. Faktanya, Anda harus melakukan semua yang bisa dilakukan guna memastikan pengunjung menemukan kualitas dan nilai produk.

5.       Menjelaskan detail produk secara seimbang

Memiliki toko online sendiri berarti siap menawarkan produk ke seluruh dunia yang dijangkau oleh jaringan internet. Ini merupakan sebuah peluang besar. Namun, perlu disadari juga bahwa karakteristik pengunjung yang akan datang ke toko bisa sangat bervariasi.

Jika Anda menjual produk berupa peralatan memasak misalnya, tidak semua calon pembelinya adalah koki atau ibu rumah tangga. Ada pula yang masih pemula dan ingin memulai pengalamannya dengan membeli produk Anda.

Mempertimbangkan hal itu, Anda perlu memastikan siapa pun yang berkunjung ke website bisa memahami informasi yang tertulis. Jangan gunakan istilah-istilah yang terlalu rumit dan khusus. Jika harus, berikan juga penjelasan yang sesuai.

Pastikan penjelasan tersebut tidak menggurui atau merendahkan pengguna karena hal ini juga bisa berakibat fatal. Hal yang paling baik adalah memberikan penjelasan yang seimbang, yaitu untuk mereka yang ahli sekaligus awam.

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan adalah memasang video produk. Video bisa memadatkan detail yang sulit dijadikan kata-kata dengan mudah. Sampaikan cerita dengan klip yang pendek dan masalah pun selesai.

6.       Menggunakan hierarki yang jelas

Tips selanjutnya adalah menggunakan hierarki yang jelas pada website. Maksimalkan tab drop-down, overlay, atau pop-over, atau konten yang muncul saat ada kursor. Jadi pengunjung bisa mendapatkan banyak detail tanpa membuat halaman terlihat penuh.

Hierarki yang jelas juga harus terlihat pada copywriting di website. Sebagai contoh, tajuk dan subjudul harus jelas. Hal ini untuk memudahkan pengguna mendapatkan apa yang mereka cari.

7.       Memastikan merek terpampang jelas

Pada halaman website, merek Anda harus terpampang jelas. Bukan hanya logo atau media sosial, tetapi semua yang menunjukkan siapa Anda dan apa produk Anda.

Dengan memasukkan DNA merek Anda ke halaman website, para pengunjung akan bisa mengenalinya dalam waktu beberapa detik. Jadi, pastikan hal ini juga dipertimbangkan saat merancang toko online dengan platform Shopify.

8.       Memiliki Konten Aspiratif

Apakah website Anda memiliki konten yang aspiratif? Konten aspiratif adalah konten yang menjelaskan bagaimana produk Anda membuat hidup pengguna akan lebih nyaman, menyenangkan, efisien, dan sejenisnya.

Jadi, lebih penting lagi untuk menyesuaikan antara produk Anda dengan gaya hidup target pasar yang dituju.

9.       Membuat konten yang berbicara

Kesalahan lain yang umum dilakukan oleh pemilik website adalah menempatkan tulisan dan kalimat-kalimat membosankan. Padahal, yang membaca produk Anda adalah manusia. Jika Anda tidak memiliki konten yang dapat dinikmati oleh manusia, maka tak heran jika website tidak berfungsi optimal.

Pastikan deskripsi Anda tidak hambar. Karena begitu penting, Anda perlu menginvestasikan waktu dan energi untuk berbicara melalui konten tersebut.

10.  Menampilkan bukti dari media sosial

Tips terakhir adalah menampilkan bukti eksistensi Anda di media sosial pada landing page website. Landing page merupakan halaman awal yang akan dikunjungi oleh pengguna. Dari sini, kepercayaan pengunjung akan mulai terbangun. Salah satu caranya adalah dengan bukti dari media sosial.

Bukti tersebut sedikit banyak akan menambah kredibilitas. Secara pasti juga akan berpengaruh terhadap tingkat konversi. Karena itu, jangan lewatkan ulasan, foto Instagram, atau testimoni pertama dari pelanggan. Rekam dan bagikan di halaman depan website Anda. Ini menjadi alasan utama bagi konsumen untuk makin percaya dengan produk.

Nah, inilah ulasan lengkap mengenai platform Shopify, mulai dari theme maupun cara mengoptimalkannya. Semoga bermanfaat!

Related Post

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

Apakah Anda pernah mendengar tentang Shopify? Banyak dari Anda mungkin sudah pernah mendengarnya…

Read More >>
10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

Ingin memulai bisnis online di tahun 2021? Pelajari dulu aplikasi-aplikasi e-commerce terbaik di…

Read More >>

Leave a Comment