Mengenal Seluk Beluk Shopify: Platform Bisnis Online Terbaik

Bagi Anda yang hendak memulai atau sudah menjalankan bisnis sendiri, Shopify dapat menjadi opsi menarik untuk mencari profit di jagat maya.

Pada bulan Februari 2020, nilai transaksi bisnis online di Indonesia mencapai lebih dari 20 triliun rupiah. Angka fantastis ini menggambarkan bahwa kepercayaan publik terhadap jaringan bisnis online semakin tinggi. Faktanya, setiap bulan angka tersebut mampu bertumbuh hingga 9%. 

Berkaca dari hal di atas, tidak heran jika ada semakin banyak orang yang berusaha meraup profit dari bisnis online. Fenomena ini dapat dilihat dari menjamurnya pegiat industri rumahan yang bahkan dijalankan dengan modal ratusan ribu rupiah saja. 

Ada banyak cara untuk mulai terjun di industri ini. Selain melakukan penjualan lewat marketplace ternama dan media sosial, Anda pun bisa membuat situs web sendiri untuk berjualan. Sayangnya, meskipun memiliki prospek besar, membuat toko online sendiri sering kali tidak semudah yang dibayangkan. Alih-alih menarik pembeli, pegiat bisnis online pemula kerap kesulitan mengurusi hal-hal teknis.

Untungnya, kini Anda bisa menggunakan Shopify untuk membangun toko online dari nol. Platform berbayar ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para pegiat bisnis online yang awam dalam hal-hal teknis.

Apa Itu Shopify?

mengenal-shopify

Pada dasarnya, Shopify merupakan sebuah CMS (Content Management System), alias perangkat daring yang memungkinkan Anda untuk menciptakan sebuah situs web tanpa perlu mempelajari bahasa pemrograman/coding

CMS dibuat agar orang awam dapat membangun situs webnya sendiri berdasarkan fungsi dan tujuan yang mereka inginkan. Beberapa contoh CMS lainnya yang mungkin Anda ketahui adalah WordPress dan Blogspot.

Platform pembuatan toko online yang bermarkas di Kanada ini telah dipakai di 175 negara dan meraup keuntungan lebih dari 40 miliar dolar sejak tahun 2018. Angka tersebut berasal dari lebih dari 1 juta penggunanya di seluruh dunia. Dengan kata lain, Shopify dapat disebut sebagai salah satu ecommerce builder terbesar di dunia.

Mengapa Shopify adalah Pilihan Terbaik?

shopify-terbaik

Berbeda dengan WordPress atau CMS sejenis yang ditujukan untuk membuat blog atau jurnal daring, Shopify dirancang khusus untuk membuat toko online. Oleh karena itu, CMS ini dilengkapi berbagai fitur yang bisa memudahkan Anda menjalankan bisnis. Beberapa fitur andalannya adalah:

  • Jumlah Produk Tak Terbatas

Anda bebas memasukkan sebanyak apa pun produk yang diinginkan. Hal ini jelas sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu pusing memikirkan kuota produk yang dapat dipasang di toko online sendiri.

  • Fitur POS

Bagi Anda yang memiliki toko fisik, Shopify menyediakan fitur POS yang mampu menghubungkan transaksi antara toko online dengan toko fisik. Hal ini mencakup pembaruan data ketersediaan barang, struk pembelian, proses transaksi lewat kartu kredit, dll. Sistemnya dapat digunakan di Android, iOS, dan Windows sehingga bisa diakses lewat gawai atau komputer.

  • Akun Khusus Staf

Shopifiy menyediakan akun tambahan khusus untuk staf toko Anda. Dengan demikian, informasi sensitif seperti data keuangan yang Anda miliki sebagai pemilik usaha tidak dapat diakses oleh sembarang orang.

  • Integrasi ke Marketplace dan Media Sosial

Anda tidak perlu memilih untuk fokus berjualan di toko online, marketplace, atau media sosial; Shopify memberikan integrasi sehingga sistem penjualan Anda dapat dilakukan di satu pintu. Selain itu, platform ini pun sudah mendukung integrasi ecommerce internasional, seperti Amazon dan eBay.

  • Dukungan Penuh untuk Pengguna

Shopify memberikan layanan dukungan 24 jam, 7 hari seminggu untuk memastikan pengguna tidak mengalami kesulitan dalam membangun dan mengelola toko online. Layanan ini sangat berguna baik bagi Anda yang masih pemula ataupun yang sudah mahir.

  • Sertifikat SSL Gratis

Salah satu isu terpanas dalam dunia bisnis online adalah masalah keamanan transaksi dan data pengguna. Sertifikat SSL merupakan sebuah teknologi keamanan yang cukup efektif untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi. Dengan keamanan yang baik, pelanggan tentu tidak perlu khawatir untuk melakukan transaksi di toko online Anda.

  • Pilihan Tema Sangat Beragam

Supaya toko online Anda tidak terlihat generik dengan toko-toko lainnya, Shopify memberikan ribuan jenis tema dan pengaturan tampilan untuk mempercantik situs web. Tema-tema yang tersedia pun dibagi dalam beberapa kategori yang relevan dengan industri tertentu, misanya tema Rumah dan Taman, Seni dan Fotografi, Kesehatan dan Kecantikan, Makanan dan Minuman, dll.

Hal ini jelas dapat memberi keleluasaan bagi Anda untuk membangun storefront yang cocok dengan selera, mulai dari yang minimalis sampai yang penuh warna. Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua tema tersebut dapat diperoleh secara gratis, terutama untuk tema yang diproduksi oleh pihak ketiga. 

Selain fitur-fitur di atas, Shopify masih memiliki sejumlah kelebihan lainnya, seperti dukungan penuh untuk membuat laporan bisnis profesional, serta pembuatan pesanan secara manual untuk menyelesaikan transaksi custom.

shopify-custom

Secara umum, inilah beberapa alasan mengapa Shopify adalah pilihan terbaik untuk membuat toko online Anda sendiri:

  1. Menyederhanakan Pembuatan Toko Online

Membangun situs web untuk berjualan dari nol bukan perkara mudah. Sebelum mulai “menghias” toko dan memasukkan data-data produk, Anda harus mengurus pembelian hosting, memasang perangkat keamanan, memodifikasi CMS pilihan, lalu memilih nama domain. Bahkan setelah melakukan hal tersebut, tidak ada jaminan bahwa CMS yang Anda pakai mendukung pembayaran transaksi online sehingga Anda harus menggunakan aplikasi berbayar dari pihak ketiga.

Shopify dapat menyederhanakan seluruh proses tersebut. Anda bisa langsung melompati sebagian besar prosesnya sehingga tidak perlu menghabiskan waktu mengurusi masalah teknis yang menguras tenaga sekaligus biaya.

  1. Optimalisasi Perangkat Terbaik

Aksesibiltas adalah aspek penting dalam menjalankan bisnis daring. Faktanya, secara rata-rata seseorang akan mengabaikan situs web dengan kecepatan akses lebih dari tiga detik. Untuk mendapat kecepatan terbaik, optimalisasi perangkat lunak mutlak diperlukan. 

Shopify memiliki optimalisasi perangkat terbaik di kelasnya. Asyiknya, optimalisasi tersebut tidak perlu dipusingkan oleh pengguna karena sudah diurus dengan sendirinya. Anda hanya perlu fokus berbisnis untuk mencari profit. 

  1. Ramah Gawai

Di era smartphone seperti sekarang, internet tak lagi menjadi konsumsi eksklusif pengguna komputer. Setiap harinya, miliaran orang mengakses internet dan berbelanja melalui gawainya sehingga toko online yang Anda bangun wajib memiliki kompatibilitas yang baik terhadap perangkat dalam berbagai ukuran.

Dengan memakai Shopify, Anda tidak perlu mengkhawatirkan persoalan ini karena seluruh temanya sangat adaptif di berbagai layar gawai dan komputer. Dengan demikian, Anda tidak perlu memusingkan soal performa toko saat diakses di smartphone/tablet.

  1. Ramah SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan faktor penentu utama popularitas sebuah situs web di peringkat pencarian Google. Supaya toko Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari, Anda wajib memperhatikan kaidah-kaidah SEO dalam pembuatannya.

Shopify memungkinkan Anda melakukan hal tersebut. Berbeda dengan marketplace yang memiliki algoritma acak dalam pencarian produk, Anda dapat melakukan optimalisasi sendiri, misalnya dengan menambahkan meta tags pada setiap produk yang dijual.

  1. Dukungan Pembayaran yang Lengkap

Karena ditujuan khusus untuk pembuatan dan pengembangan toko online, Shopify menyediakan dukungan pembayaran yang lengkap untuk memudahkan transaksi pelanggan. Selain cara-cara pembayaran konvensional seperti transfer bank, sistem Shopify juga memungkinan pelanggan melakukan transaksi lewat kartu kredit, BitPay, dan PayPal.

Bagaimana Cara Menggunakan Shopify?

bagaimana-shopify

Saat ini, Shopify menawarkan tiga pilihan paket untuk pelanggannya, yaitu paket Basic Shopify ($29), Shopify ($79), dan Advanced Shopify ($299). Paket Advanced Shopify memiliki fitur terlengkap sehingga cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis online dalam skala menengah ke atas.

Inilah perbandingan dari masing-masing pilihan paket berlangganan Shopify:

FiturBasic ShopifyAdvanced
Toko online (termasuk pembuatan situs ecommerce dan blog)YaYaYa
Input produk tidak terbatasYaYaYa
Akun khusus staf untuk mengakses fitur POS2 akun5 akun15 akun
Layanan dukungan pelanggan 24 jamYaYaYa
Dukungan penjualan melalui marketplace dan media sosial YaYaYa
Pembuatan pesanan secara manualYaYaYa
Sertifikat SSL untuk keamanan situs webYaYaYa
Pemulihan pesanan yang diabaikanYaYaYa
Pembuatan voucher untuk pembeliYaYaYa
Pembuatan laporan bisnis profesionalTidakYaYa
Alat pembuatan laporan bisnisTidakTidakYa
Aplikasi penghitung biaya kirim otomatis dari pihak ketigaTidakTidakYa
Biaya transaksi2%1%0,5%

Terlepas dari beberapa perbedaan fitur, cara penggunaan Shopify pada tiap paket di atas sama saja. Namun, sebelum mulai mengoperasikan perangkat lunak ini, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui situs web resminya. Tenang saja, proses ini gratis!

Setelah mendaftarkan diri, Anda dapat langsung memilih paket penggunaan yang diinginkan atau melakukan trial terlebih dahulu. Sebaiknya gunakanlah kesempatan untuk melakukan trial supaya Anda dapat mempelajari fitur-fitur Shopify tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Selama masa trial berlangsung (14 hari), Anda diberikan kebebasan untuk membangun dan mengoperasikan toko online laiknya pengguna premium. Tak perlu khawatir, jika Anda memutuskan untuk beralih menjadi pengguna berbayar setelah 14 hari, toko yang sudah Anda buat tetap bisa dipakai sehingga Anda tidak perlu mengulang prosesnya dari awal.

Sebagai gambaran lengkap proses awal pembuatan toko online di Shopify, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi laman pendaftaran Shopify, lalu masukkan alamat surel yang masih aktif.
  2. Isi kolom password dan nama toko yang hendak dibuat (Anda bisa mengganti kedua informasi tersebut nantinya apabila berubah pikiran).
  3. Shopify akan meminta Anda menambahkan nama dan alamat bisnis. Isilah sesuai alamat sebenarnya. Apabila Anda tidak memiliki toko fisik, gunakan saja domisili pribadi atau sesuai informasi pada KTP.
  4. Kini, Anda diminta mendesain toko online Anda. Tidak perlu panik, ini hanya permulaan saja, Anda bisa mengubah tema atau desain yang digunakan kapan saja. Shopify menyediakan ratusan tema gratis yang bisa digunakan. Anda pun bisa menggunakan tema berbayar apabila perlu.
  5. Anda akan diberi pilihan untuk menambahkan produk (Add a Product to See It in Your Store) atau menghias toko (Customize the Look of Your Website). Kami menyarankan Anda untuk mencoba menghias tampilan toko terlebih dahulu sebelum menambahkan produk.
  6. Setelah memilih satu tema, Anda dapat mengatur tata letak dan memodifikasi tampilannya sesuai hati. Anda tidak diberikan batasan waktu, tetapi pengaturan ini pun bisa diubah setelah proses pembuatan toko selesai.
  7. Jika sudah, Anda bisa menyimpan perubahan yang dibuat dan mulai menambahkan produk.

 Untuk menambahkan produk ke toko yang sudah dibuat, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tulisan Product pada Dashboard, lalu pilih Add Product.
  2. Anda akan diminta mengisi sejumlah data, mulai dari deskripsi produk sampai harganya. Pastikan informasi yang diberikan akurat serta cukup jelas agar pelanggan tidak bingung.
  3. Tambahkan gambar produk yang hendak dijual. Anda bisa menggunakan gambar yang tersimpan di komputer atau gambar yang diambil dari internet (via URL).
  4. Isilah data inventaris produk agar Shopify dapat menghitung ketersediaan stok secara otomatis.
  5. Pastikan semua informasi sudah benar. Jangan lupa untuk mengategorikan produk sesuai pilihan yang ada pada toko, misalnya “Kecantikan”, atau “Perawatan Wajah”. Anda bisa mengaturnya lewat kolom “Collections”.
  6. Isi detail pengiriman. Anda bisa memberikan beberapa opsi pengiriman yang tersedia di area Anda supaya pelanggan dapat memilih sendiri.
  7. Apabila produk yang dijual memiliki lebih dari satu varian model atau warna, Anda dapat menggunakan kolom “Variants” untuk mengelompokkannya. Anda pun bisa mengatur harga yang berbeda untuk masing-masing model/warna.
  8. Shopify memberikan opsi optimalisasi SEO dalam laman ini. Anda dapat menggunakannya jika perlu.
  9. Klik Save Product untuk menyimpannya. Produk tersebut kini sudah masuk ke dalam daftar produk dijual di toko online Anda!

Setelah terdaftar di Shopify, Anda akan mendapat akses ke dashboard yang dibagi menjadi beberapa kategori, mulai dari Online Store (untuk mengganti tema toko dan mengubah tampilan visualnya) hingga Orders (berisi informasi transaksi jual-beli yang terjadi di toko Anda). Pelajarilah masing-masing fungsinya secara saksama supaya performa toko lebih maksimal!

Bagi Anda yang sudah memiliki situs web sendiri atau membeli domain dari tempat lain, Anda dapat menghubungkannya dengan Shopify supaya tidak perlu memulai prosesnya dari awal. Namun, apabila belum, Anda bisa menggunakan rekomendasi nama yang diberikan Shopify atau mencari nama sendiri yang belum dipakai oleh orang lain.

Siapa yang Cocok Menggunakan Shopify?

siapa-yang-cocok-menggunakan-shopify

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Shopify adalah platform yang tepat bagi semua pegiat bisnis, mulai dari kalangan pemula sampai yang sudah berpengalaman. Kemudahan penggunaan tanpa perlu memahami hal-hal teknis jelas menjadi daya tarik terbesar. 

Secara spesifik, Shopify cocok untuk:

  • Orang yang Memulai Bisnis Online dari Nol

Kemudahan yang ditawarkan Shopify dalam membangun toko online sangat cocok untuk memulai usaha dari nol. Sekalipun Anda tidak memiliki pengalaman bisnis sama sekali, Shopify bisa membantu Anda mengembangkan bisnis untuk mencari profit. Apalagi, Shopify menyediakan layanan bantuan pelanggan 24 jam.

Cobalah menggunakan paket Basic Shopify untuk memulai bisnis. Hanya dengan $29 per bulan, Anda sudah bisa menjalankan bisnis online secara profesional!

  • Pebisnis Konvensional yang Ingin Beralih ke Pasar Daring

Saat ini, ada banyak pebisnis konvensional yang mulai mengembangkan usahanya ke dunia maya. Apabila Anda sudah memiliki bisnis berbasis offline, mulai merambahi pasar online adalah pilihan terbaik untuk melakukan eskpansi, terutama di masa pandemi seperti sekarang yang berisiko besar mengurangi profit dari sisi penjualan secara konvensional.

Jika Anda sudah memiliki katalog produk yang cukup banyak dan ingin melakukan migrasi ke Shopify, paket Standar dan Advanced adalah pilihan yang tepat, tergantung dari skala bisnis yang dijalankan. 

Dengan fitur POS yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa mengintegrasikan transaksi offline dan online sehingga data-data penjualan bisa langsung terhubung dan Anda pun dapat memantau perkembangan bisnis di mana saja, bahkan melalui layar smartphone.

  • Pebisnis yang Ingin Melakukan Ekspansi ke Pasar Internasional

Apakah Anda tertarik melakukan ekspansi ke pasar internasional alias menjual produk ke luar negeri? Jika iya, maka Shopify bisa menjadi platform yang tepat untuk melakukannya. 

Seperti yang kita tahu, akses internet saat ini tidak lagi memiliki batasan dan dapat digunakan oleh siapa saja. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk meraup lebih banyak keuntungan, terutama dari pasar internasional. Anda hanya perlu membuat toko online berbahasa asing (terutama Bahasa Inggris) dengan dukungan pembayaran dan pengiriman yang universal.

Kemampuan Shopify untuk melakukan transaksi internasional tentu saja jauh lebih menguntungkan daripada berjualan di marketplace lokal. Anda pun bisa menghubungkan toko dengan beberapa marketplace internasional, seperti Amazon.

  • Mengembangkan Brand di Dunia Maya

Branding adalah senjata marketing yang sangat ampuh untuk menjaring pelanggan, serta mengembangkan basis bisnis. Dengan branding yang tepat, Anda dapat mendongkrak penjualan tanpa perlu melakukan campaign berbiaya tinggi.

Membuat toko online adalah langkah awal yang bagus untuk mengembangkan brand. Selain dapat digunakan untuk berjualan produk, Anda pun bisa melakukan marketing campaign dan mengembangkan brand awareness di sana, misalnya dengan membuat blog atau tutorial penggunaan produk.

  • Bisnis dengan Kuantitas Produk yang Masif

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Shopify tidak memberikan batasan produk yang bisa diunggah. Keuntungan ini dapat sangat berguna bagi Anda yang ingin berjualan produk dalam kuantitas varian yang masif. Anda bisa memasang ratusan hingga ribuan produk tanpa khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan.

  • Pebisnis yang Ingin Melakukan Migrasi Toko Online

Anda mungkin sudah berbisnis online cukup lama, tetapi merasa tidak puas dengan performa toko atau kesulitan untuk mengembangkan usaha karena fitur yang terbatas dari platform yang digunakan saat ini. Untuk mendapat pengalaman berbisnis yang lebih baik, Anda dapat bermigrasi ke Shopify!

Shopify menyediakan panduan lengkap untuk melakukan migrasi toko dari platform lain. Namun, penting untuk dicatat bahwa proses ini melibatkan banyak tahapan teknis sehingga tidak disarankan untuk dilakukan oleh orang yang masih awam. Sebaiknya, carilah bantuan profesional apabila Anda merasa tidak cukup mahir menangani hal-hal teknis dalam proses migrasi.

Pengalaman Bisnis dengan Shopify

pengalaman-sukses-shopify

Dengan lebih dari satu juta pengguna, sudah ada banyak perusahaan dan brand besar yang memakai jasa Shopify. Inilah beberapa perusahaan besar yang dapat menggambarkan fleksibiltas dan keunggulan fitur-fitur Shopify:

Selebritas kenamaan dunia, Victoria Beckham, memakai Shopify untuk memamerkan dan menjual koleksi-koleksi produk fesyen terbaru. Anda dapat menemukan aneka produk, mulai dari tas, pakaian, hingga sepatu pada situs web ini.

Siapa tak kenal Taylor Swift? Penyanyi wanita asal AS ini memakai Shopify untuk menjual aneka pernak-pernik dan suvenir resminya. Melalui toko online tersebut, Taylor Swift mampu menjual produknya ke berbagai belahan dunia. 

Salah satu media tersohor asal Negeri Paman Sam ini memakai Shopify untuk menjual beragam produk fisik dan digitalnya, mulai dari ebook, pernak-pernik, buku, hingga e-course. Toko online ini adalah contoh keren dari penggunaan Shopify untuk menjalankan bisnis berbasis media cetak.

Meskipun dikenal sebagai produsen minuman berenergi, Red Bull ternyata juga memproduksi perangkat olahraga dan peralatan untuk beraktivitas di luar ruangan. Toko online resmi dari brand ini menggunakan Shopify untuk memasarkannya ke seluruh dunia. 

Perusahaan kopi yang mendunia, Nescafe, juga membangun toko online berbasis Shopify untuk menjual produk kopinya. Uniknya, Nescafe memakai situs webnya untuk membangun brand awareness lewat informasi tentang kopi racikannya dan memberikan kesempatan kepada para penikmat kopi untuk meninggalkan ulasan di masing-masing varian kopi.

Situs-situs web tersebut adalah contoh toko online berbasis Shopify yang bisa Anda tiru. Tentu saja, Anda bebas menyesuaikan gayanya sesuai produk dan pasar yang diincar.

Untuk memaksimalkan pengalaman berbisnis menggunakan Shopify, perhatikan beberapa poin berikut ini:

  1. Menentukan Niche dan Ciri Toko

Bisnis Anda sebaiknya memiliki niche yang jelas. Jika Anda menjual sepatu olahraga, fokuslah untuk menjual beragam jenis sepatu olahraga sebelum menjual jenis-jenis sepatu/produk fesyen lainnya. Niche sebuah situs web sangat penting karena akan menentukan target pasar dari produk yang dijual di sana.

Selain itu, pastikan toko Anda memiliki ciri yang mudah dikenali oleh pelanggan. Ciri tersebut bisa berupa logo, nama, corak/warna, slogan, dll. Makin unik ciri khas yang Anda miliki, makin mudah brand Anda dikenali oleh pengunjung di dunia maya.

  1. Jangan Berganti-ganti Nama/Produk

Saat menjalankan bisnis online, semua keputusan yang Anda buat harus berdasarkan pertimbangan jangka panjang. Mengganti nama atau jajaran produk terlalu sering dapat membuat bisnis Anda kehilangan identitasnya. 

Angka penjualan yang rendah di awal adalah hal wajar. Tidak perlu tergesa-gesa untuk melakukan perubahan yang signifikan. Sering kali, mendapat kemajuan 1% lebih baik daripada mengulang prosesnya dari 0.

  1. Ingat, Strategi Berjualan Online berbeda dengan Bisnis Konvensional

Bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis konvensional, ingatlah untuk mulai mempelajari ilmu digital marketing karena teknik dan strategi dalam bisnis online bisa jadi berbeda daripada yang sudah Anda ketahui selama ini.

Dengan Shopify, Anda memang dapat membuat toko online dengan mudah dan cepat. Namun, persoalan marketing pada dasarnya tetap menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing pengguna. Tanpa keinginan belajar yang besar, Anda bisa kesulitan mengembangkan bisnis.

  1. Fokus Meningkatkan Kualitas SEO

SEO adalah ujung tombak bisnis di dunia maya. Kualitas SEO yang baik membuat produk Anda mendapat peringkat tinggi di mesin pencarian sehingga punya potensi lebih besar untuk mendapat pelanggan.

Dalam persaingan bisnis online, lalu lintas pengguna (traffic) adalah hal utama. Makin banyak orang yang mampir ke toko, makin besar kesempatan Anda mengonversi mereka menjadi pelanggan. Untuk mendapat lalu lintas pengguna yang besar, Anda harus selalu mengaplikasikan teknik-teknik SEO untuk memasarkan produk.

  1. Mengedepankan Komunikasi Aktif dengan Pelanggan

Cara terbaik untuk meyakinkan pelanggan berbelanja di toko Anda adalah dengan membangun kepercayaan melalui komunikasi. Pastikan Anda mencantumkan informasi kontak dan layanan keluhan pelanggan di toko online. Jika bisa, pasang juga fitur live chat supaya pelanggan bisa bertanya secara langsung.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tenang saja, Anda bisa menghubungkan Shopify dengan akun media sosial! 

Penutup

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Shopify merupakan platform terbaik, teraman, dan terlengkap yang bisa membantu Anda membangun bisnis online dengan cepat dan mudah. 

Fitur-fiturnya yang menarik, mulai dari penggunaan sistem POS, pemberian kuota tak terbatas, opsi pembayaran yang berlimpah, hingga sertifikat SSL gratis jelas sudah lebih dari cukup untuk membantu Anda membangun dan mengembangkan toko online sendiri. Asyiknya, semua fungsinya dapat digunakan melalui satu dashboard saja, tanpa perlu melakukan coding atau modifikasi yang rumit. Sistemnya pun sangat ramah SEO sehingga berpotensi menjaring lebih banyak pembeli di dunia maya. Selamat mencoba!

Related Post

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

Apakah Anda pernah mendengar tentang Shopify? Banyak dari Anda mungkin sudah pernah mendengarnya…

Read More >>
10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

Ingin memulai bisnis online di tahun 2021? Pelajari dulu aplikasi-aplikasi e-commerce terbaik di…

Read More >>

Leave a Comment