Sudahkah Ada Komunitas Shopify Indonesia?

Seperti layanan pelanggan, komunitas Shopify Indonesia memegang peran penting dalam menjalankan usaha. Komunitas memberikan akses untuk sesama konsumen atau pelanggan hingga pakar yang berpengalaman di dunia bisnis. Bahkan tak menutup kemungkinan Anda menemukan pengguna untuk bertukar pikiran seputar sistem dropship Shopify serta rekan untuk berkolaborasi.

Lantas, apakah komunitas Shopify di Indonesia sudah berjalan? Apa saja manfaat yang akan dirasakan bisnis saat Anda bergabung dengan komunitas tersebut?

Keberadaan komunitas Shopify di Indonesia

Shopify memastikan kilen dan konsumen memperoleh informasi yang dibutuhkan. Maka selain menyediakan layanan pelanggan dan artikel FAQ (Frequently Asked Question), mereka membuka komunitas Shopify Indonesia. Seperti penyedia layanan lain, Shopify menyediakan tempat untuk komunitas di laman resmi mereka. 

Selain itu, Shopify membuka grup-grup di Facebook dan Slack untuk mengumpulkan konsumen di platform lain. Karena grup di Facebook bersifat privat, Anda harus mengikuti aturan yang ditentukan admin agar bisa diterima dan bergabung dengan anggota lain. Namun, Shopify belum menyediakan media sosial khusus Shopify Indonesia di Instagram maupun Twitter. 

Adapun manfaat-manfaat yang akan Anda dapatkan setelah masuk ke komunitas Shopify, di antaranya:

  • Menambah wawasan. Ketika bertemu pakar atau ahli di bidang bisnis, Anda mempunyai kesempatan untuk menggali ilmu dari mereka. Pengalaman-pengalaman yang dibagikan pun bisa menjadi inspirasi untuk mengembangkan usaha online di Shopify;
  • Memperluas jaringan. Komunitas Shopify Indonesia pun merupakan wadah yang tepat untuk menemukan calon konsumen hingga calon klien potensial yang akan membantu Anda dalam meningkatkan peluang bisnis untuk berkembang;
  • Meningkatkan kepercayaan diri. Berdiskusi bersama teman-teman dalam komunitas akan membantu Anda memupuk rasa percaya diri. Pasalnya, Anda tak merasa sendirian dalam mengelola bisnis dan menemukan motivasi baru untuk meneruskannya.
komunitas Shopify indonesia- blog 1

Menumbuhkan komunitas Shopify di Indonesia

Kendati sudah disediakan oleh Shopify, komunitas harus ditumbuhkan oleh para anggota agar tak mati di tengah jalan. Jika Anda adalah salah satu anggota komunitas Shopify Indonesia, lakukan hal-hal berikut ini untuk membuat grup lebih aktif:

  • Manfaatkan tautan atau tombol khusus yang menghubungkan website bisnis Anda dengan tautan komunitas. Dengan begitu, konsumen yang masih membutuhkan informasi lanjut atau tertarik bertukar gagasan bisa langsung mengekliknya;
  • Undang konsumen dengan menyertakan tautan pada email yang dikirimkan pada proses transaksi. Pancing juga dengan konten-konten menarik yang hanya bisa mereka akses saat bergabung dengan komunitas Shopify;
  • Bekerja sama dengan blogger dan influencer pun dapat membuat komunitas tumbuh pesat. Pasalnya, mereka tidak jarang membawa calon anggota baru yang penasaran dengan cara kerja Shopify.

Semoga dengan informasi ini komunitas Shopify Indonesia dapat semakin berkembang dan menjadi wadah terpercaya bagi para klien bisnis maupun konsumennya!

Related Post

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

7 Tips Membuat Web Shopify Dengan Gampang!

Apakah Anda pernah mendengar tentang Shopify? Banyak dari Anda mungkin sudah pernah mendengarnya…

Read More >>
10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

10 Aplikasi e-Commerce Bantu Bisnis Anda Semakin Lancar di 2021

Ingin memulai bisnis online di tahun 2021? Pelajari dulu aplikasi-aplikasi e-commerce terbaik di…

Read More >>

1 thought on “Sudahkah Ada Komunitas Shopify Indonesia?”

Leave a Comment